LOADING

100%

MENGENAL LEBIH JAUH TENTANG VAKSIN DENGUE

Dec 7, 2017

Tahukan Moms bahwa Indonesia termasuk dalam negara hiperendemik dengue? Indonesia merupakan negara kedua di dunia dengan jumlah kasus demam berdarah tertinggi setelah Brazil. Oleh karena itu, untuk menurunkan angka kejadian serta beban ekonomi akibat infeksi dengue yang begitu tinggi diperlukan pencegahan dan pengendalian dengue yang terintegrasi.

Virus dengue termasuk ke dalam famili Flaviviridae yang memiliki empat jenis serotipe yakni DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Virus ini ditularkan melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dari manusia yang sakit ke manusia sehat, maka tidak mengherankan, apabila peningkatan angka penyakit dengue umumnya meningkat pada musim hujan karena lingkungan yang mendukung kelangsungan hidup virus dan vektor nyamuk. Virus dengue sendiri dapat menyebabkan berbagai penyakit dengue, seperti: Demam Dengue (DD), Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Dengue Shock Syndrome (DSS). Diantara ketiga penyakit tersebut, DBD menjadi penyakit dengan prevalensi angka kejadian terbanyak di Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, jumlah penderita DBD di Indonesia mencapai 8.487 orang dengan angka kematian sebesar 108 orang. Pada tahun 2016, ada sekitar sebelas provinsi yang mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD di Indonesia.

Badan kesehatan dunia WHO (World Health Organization) merekomendasikan penggunaan vaksin demam berdarah sebagai bagian dari strategi pengendalian demam berdarah secara menyeluruh. Strategi ini meliputi pengendalian nyamuk sebagai pembawa virus demam berdarah dan perawatan pasien demam berdarah dengan menerapkan praktik terbaik berdasarkan bukti. WHO juga tidak melupakan pengawasan terhadap semua orang yang kemungkinan bisa terkena penyakit ini. Pada April 2016 Badan Kesehatan Dunia WHO menyetujui penggunaan vaksin demam berdarah (DBD) untuk pertama kalinya di dunia lewat program vaksinasi DBD di Filipina. Pada bulan September tahun 2016 lalu, divisi vaksin dari Sanofi, telah mengumumkan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) telah menyetujui Dengvaxia, vaksin dengue tetravalen milik Sanofi Pasteur, untuk melindungi individu yang tinggal di daerah endemik terhadap keempat serotipe (jenis) dengue.

Vaksin dengue dapat diberikan kepada anak-anak maupun dewasa untuk membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dari serotipe 1,2,3 dan 4. Vaksin ini dapat diberikan pada anak-anak, remaja dan dewasa yang tinggal di wilayah endemik dengan rentang umur 9-45 tahun. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan vaksin ini memiliki hasil efikasi terbaik pada anak usia 9-16 tahun, sedangkan apabila diberikan di bawah usia 9 tahun akan meningkatkan risiko untuk dirawat karena infeksi dengue dan meningkatkan risiko mendapatkan dengue yang berat, khususnya pada anak dengan kelompok usia 2-5 tahun. Jadi, vaksin dengue dapat diberikan pada anak usia 9-16 tahun sebanyak 3 kali dengan jarak pemberian 6 bulan. Pemberian vaksin juga dapat dimulai kapan saja sejak anak berusia 9 hingga 16 tahun.

Jika anak sudah pernah terkena infeksi dengue, perlukah vaksin dengue? Vaksin dengue tetap dapat diberikan walaupun anak sudah pernah mengalami infeksi dengue. Hal ini dikarenakan pada saat anak terinfeksi dengue, hampir tidak mungkin anak tersebut terinfeksi 4 serotipe virus sekaligus. Biasanya anak hanya terkena satu serotipe virus saja pada satu kali infeksi. Dengan pemberian vaksin dengue yang mengandung 4 serotipe, anak yang sudah terinfeksi akan tetap membentuk kekebalan terhadap serotipe lain yang belum menginfeksi anak tersebut.

Secara khusus para ahli menyebutkan bahwa :

  • Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi Dengvaxia.
  • Penggunaan Dengvaxia hanya dilakukan di wilayah yang mengalami endemisitas tinggi.
  • Dengvaxia tidak diizinkan bagi anak-anak yang berumur kurang dari 9 tahun. Vaksin dengue yang sekarang beredar belum memberikan kekebalan yang efektif pada anak di bawah usia 9 tahun. Dibutuhkan riset lanjutan sehingga vaksin bisa menjangkau semua umur.

Di mana mendapatkan vaksin dengue? Karena vaksin dengue belum masuk ke dalam program imunisasi nasional maka saat ini vaksin tersebut belum terdapat di Puskesmas. Saat ini, vaksin hanya terdapat pada klinik/rumah sakit terdekat atau pada praktek dokter anak swasta. Harga vaksin masih cukup mahal yaitu sekitar 1 juta rupiah per satu kali pemberian vaksin. Namun, harga tersebut relatif lebih murah bila dibanding dengan biaya perawatan anak di RS jika terkena demam berdarah apalagi jika harus dirawat intensif di ICU.

Apakah perlu vaksinasi dengue? Ya, perlu. Karena infeksi dengue dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja terutama di negara endemis seperti Indonesia. Tidak menutup kemungkinan anak dengan daya tahan tubuh dan gizi yang baik pun dapat terkena infeksi dengue. Spektrum keparahan infeksi ini juga sangat luas dari yang ringan hingga berat, sehingga untuk setiap anak yang terinfeksi dengue, masih ada risiko untuk menderita dengue yang berat. Pemberian vaksin ini ditujukan untuk mengurangi risiko tersebut. Hal-hal tersebutlah yang semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat akan vaksin dengue.

Apakah perlu vaksinasi dengue? Ya, perlu. Karena infeksi dengue dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja terutama di negara endemis seperti Indonesia. Tidak menutup kemungkinan anak dengan daya tahan tubuh dan gizi yang baik pun dapat terkena infeksi dengue. Spektrum keparahan infeksi ini juga sangat luas dari yang ringan hingga berat, sehingga untuk setiap anak yang terinfeksi dengue, masih ada risiko untuk menderita dengue yang berat. Pemberian vaksin ini ditujukan untuk mengurangi risiko tersebut. Hal-hal tersebutlah yang semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat akan vaksin dengue

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/apakah-vaksin-dbd-efektif-bagi-semua-orang

http://partner.medi-call.id/2017/05/10/4-hal-penting-tentang-vaksin-dengue-yang-perlu-anda-ketahui/

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/sekilas-tentang-vaksin-dengue

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Kembali