LOADING

100%

Penyakit Mematikan Yang Disebabkan Oleh Gigitan Nyamuk

Jun 15, 2017

Bentuknya kecil tapi jika ada seekor nyamuk saja yang berdengung di telinga kita sepanjang malam, itu sudah cukup membuat tidak nyenyak tidur. Belum lagi kalau sudah menggigit, yang pasti gatal, panas dan garuk-garuk terus.

Gigitan nyamuk tidak boleh disepelekan begitu saja, karena banyak penyakit mematikan disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Berikut beberapa diantaranya :

  1. Malaria
    Malaria adalah infeksi darah yang disebabkan oleh parasit (disebut plasmodium) dan ditularkan ke manusia oleh nyamuk anopheles yang menggigit kebanyakan pada malam hari. Ada beberapa jenis malaria, kebanyakan dapat disembuhkan. Tetapi malaria otak (plasmodium falciparum) dapat menyebabkan kematian dalam 1-2 hari setelah terinfeksi. Tanda-tanda jika seseorang terserang malaria :
    • Rasa kedinginan dan sering sakit kepala. Biasanya penderita menggigil selama 15 menit – 1 jam.
    • Kedinginan diikuti demam tinggi, penderita biasanya mengigau. Demam ini berlangsung beberapa jam beberapa hari.
    • Setelah demam menurun, penderia merasa lemah.
  2. Demam berdarah
    Demam berdarah disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah biasanya terjadi pada masa pancaroba dan paling sering terjadi di kawasan pemukiman di kota-kota.Nyamuk demam berdarah kebanyakan menggigit di siang hari. Gejala demam berdarah pada bayi dan balita :
    • Demam tinggi
    • Bintik atau ruam merah pada kulit
    • Batuk-batuk
    • Badan lemas, mual, kurang nafsu makan
    • Gejala ini terjadi pada anak usia yang lebih besar : nyeri di belakang mata dan persendian, nyeri punggung dan sakit kepala
  3. Virus Zika
    Virus zika pada daerah tropis ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.
    Virus zika bisa ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya pada saat kehamilan berlangsung. 
    Walaupun belum terbukti secara ilmiah, tetapi semakin menguat indikasi bahwa janin yang terkena virus zica lahir dengan kepala kecil / mikrosefalus. Gejala infeksi virus zika : demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala ada juga yang mengalami gangguan syaraf dan komplikasi auto imun. Belum ada vaksin atau pengobatan spesifik untuk virus ini, pengobatan hanya berfokus pada gejala yang ada.Untuk ibu hamil atau yang berencana hamil harus melakukan perlindungan ekstra untuk menghindari gigitan nyamuk karena janin yang ada di dalam kandungan dapat terinfeksi virus zika.
  4. Demam Kuning
    Demam kuning adalah infeksi virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk yang ditemukan di Amerika Selatan dan Afrika.Apabila tertular pada manusia, virus ini dapat merusak hati dan organ internal lainnya yang berakibat fatal.Tanda-tanda awal sulit dibedakan dengan malaria, typhus, demam berdarah. Setelah fase akut, penderita demam kuning akan mengalami fase toksik yang membahayakan nyawa dengan tanda-tanda sebagai berikut :
    • Penguningan pada kulit dan bagian putih pada mata
    • Nyeri para perut dan muntah, kadang terdapat darah
    • Berkurangnya urinasi
    • Pendarahan dari hidung, mulut dan mata
    • Detak jantung pelan
    • Gagal hati dan ginjal
    • Disfungsi otak meliputi kejang, bahkan koma

      Tidak ada pengobatan anti virus yang terbukti bisa mengobati demam kuning, hanya penanganan suportif untuk mengatasi gejala yang muncul. Jika pernah mengalami demam kuning, selanjutnya anda akan imun terhadap virus ini seumur hidup. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah berhati-hati jika akan mengunjungi Afrika dan Amerika Selatan. Konsultasikan ke dokter empat minggu sebelum keberangkatan perlu tidaknya pemberian vaksin.
  5. Kaki Gajah
    Penyakit kaki gajah adalah suatu golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filarial dan ditularkanmelalui berbagai jenis nyamuk dan sifatnya kronis (menahun) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran pada kaki, lengan dan alat kelamin.Pada umumnya penyakit kaki gajah terdapat di wilayah tropis.
    Gejala-gejalanya : demam selama 3-5 hari, pembengkakan dan radang pada kelenjar getah bening yang akhirnya menimbulkan abses, pembesaran pada daerah tungkai, lengan, buah dada, kantung buah zakar.
    Pencegahan : pemberantasan nyamuk di wilayah masing-masing dan jika ada yang terkena penyakit kaki gajah segera mendapat penanganan medis supaya tidak menular ke banyak orang.
  6. Demam Chikungunya
    Chikungunya adalah virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus.Gejala awalnya mirip seperti gejala flu, penderita juga mengalami nyeri sendi yang parah dan bisa bertahan hingga berminggu-minggu, bahkan ada yang bertahun-tahun.Tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkannya, hanya obat anti radang dan anti nyeri untuk mengatasi gejala yang timbul.
  7. Japanese Encephalitis
    Japanes Encephalitis (JE) adalah flavirus yang berhubungan dengan demam berdarah, demam kuning dan virus West Nile. Sebagian besar infeksi virus JE ringan menunjukkan gejala seperti demam, sakit kepala atau bahkan beberapa gejala yang tidak jelas. Pada infeksi yang parah, gejala yang dimunculkan seperti demam tinggi, sakit kepala, leher kaku, tidak sadarkan diri, koma, kejang, lumpuh dan bahkan kematian. Japanese Enchepalitis ditularkan pada manusia melalui gigitan dari nyamuk yang terinfeksi culex sehingga dikenal dengan nama nyamuk culex.

    Sumber (https://www.merdeka.com/sehat/waspada-japanese- encephalitis-ini- jenis-lain-dari-demam- berdarah.html)

Pencegahan yang dapat dilakukan supaya terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk adalah tidak memberi ruang untuk nyamuk berkembang biak atau bersarang dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar baik rumah, maupun halaman dan selalu sediakan Telon Lang Plus dimana saja dan kapanpun untuk perlindungan maksimal bagi bayi dan anak kita.


Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Telon Lang Plus

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Dipercaya Ibu

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Perlindungan 12 Jam

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Menghangatkan Tubuh Bayi

Kembali