Alternatif untuk Menghangatkan Bayi | Telon Lang

Alternatif untuk Menghangatkan Bayi

February 20, 2019

Masalah perut kembung, bayi rewel karena kedinginan atau sampai digigit nyamuk adalah beberapa masalah yang umumnya terjadi pada bayi dan sering membuat moms merasa khawatir. Namun biasanya hal pertama yang dilakukan tiap moms untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan minyak telon.

Minyak telon tidak hanya karena aromanya yang dapat melegakan pernafasan, efek hangat dapat membuat bayi merasa nyaman dan dapat tidur lebih nyenyak. Karena sistem pengaturan panas tubuh si kecil yang belum sempurna, bayi dapat mudah merasakan kedinginan dan menggigil ketika suhu disekitarnya terasa dingin. Sebab, pada dasarnya tubuh bayi harus selalu hangat.

Namun jika bayi alergi pada minyak telon, moms tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk menghangatkan bayi selain menggunakan minyak telon, seperti berikut ini:

 

  1. Menggendong

Jika bayi mengalami kedinginan, hal yang natural biasanya moms lakukan adalah dengan menggendongnya. Hal tersebut dapat membantu memindahkan subuh hangat pada tubuh moms pada tubuh bayi sehingga si kecil merasa lebih hangat dan nyaman.

  1. Mendekap

Tidak jauh berbeda dengan cara menggendong, dengan mendekap atau memeluk bayi juga dapat membantunya merasa lebih hangat. Pada posisi ini, usahakan untuk tubuh bayi menempel di dada moms agar mendapatkan kehangatan yang maksimal.

  1. Membedong

Hal ini sudah dilakukan secara turun temurun dan masih dilakukan sampai sekarang. Membedong atau membalut tubuh bayi menggunakan kain, tidak hanya bermanfaat untuk membuat kaki si kecil lebih lurus, hal tersebut juga dapat membantu bayi merasa lebih hangat terlebih lagi saat cuaca dingin. Namun pastikan untuk tidak membedong terlalu kencang ya moms.

  1. Menyelimuti

Cara yang mudah dilakukan tiap moms untuk menghangatkan bayi saat kedinginan adalah dengan menyelimutinya. Selain itu moms juga dapat memakaikan topi bayi, serta sarung tangan dan kaus kaki agar bayi merasa lebih hangat.

 

Itulah beberapa alternatif yang dapat moms lakukan saat bayi merasa kedinginan selain dengan mengusapkan minyak telon ditubuh si kecil.

Kembali