Bagaimana Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi? | Telon Lang

Bagaimana Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi?

November 12, 2018

Bayi memiliki kulit yang sensitif, sehingga sering kali muncul permasalahan pada kulitnya. Bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga terkadang muncul permasalahan pada kulitnya. Diantara yang kerap dialami bayi ialah kulit kering.  Beberapa penyebab kulit kering pada bayi adalah sebagai berikut :

 

  1. Udara Dingin dan Kering

Cuaca yang ekstrim (terlalu panas atau terlalu dingin) bisa memengaruhi kesehatan kulit bayi. Cuaca seperti ini menghilangkan kelembaban dalam kulit yang pada akhirnya buat kulit jadi lebih kering dengan cepat.

  1. Sengatan Matahari

Sinar matahari yang terlalu terik membuat bayi kehilangan cairan tubuh. Termasuk kulit, sehingga kulitnya menjadi kering.

  1. Paparan Klorin Pada Air Di Kolam Renang.

Kandungan klorin pada kolam renang atau garam pada air laut, dapat merusak kulit bayi sehingga kulit si kecil nampak kering dan bersisik.

  1. Kebiasaan Mandi Yang Terlalu Lama

Memandikan bayi terlalu lama bisa membersihkan minyak kulit pelindung alami yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous. Selain itu, mandi di air yang diolah secara kimiawi atau terklorinasi juga dapat merusak dan membuat kulit kering.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Sabun

Penggunaan sabun yang berlebihan dapat membuat kulit si kecil menjadi kering, terlebih jika sabun tersebut mengandung pelembab yang rendah.

  1. Alergi Terhadap Produk Perawatan Kulit Yang Dipakai

Pilihlah produk perawatan bayi dengan bahan-bahan yang cocok kandungannya dengan kulit si kecil.

Untuk mencegah supaya kulit bayi tidak kering, Mom dapat melakukan hal-hal berikut :

  • Batasi waktu mandi si kecil, cukup 5-10 menit, gunakan air hangat, jangan terlalu panas.
  • Jagalah suhu kamar bayi agar tetap sejuk dan lembab. Penggunaan AC yang terlalu dingin dapat membuat kulit kering.
  • Pastikan asupan cairan si kecil tercukupi. Asupan cairan ini bisa berupa ASI, air putih, atau makanan lain yang mengandung kadar air tinggi. Hal ini tergantung usia si kecil ya, Mom.
  • Pilih produk perawatan bayi yang mengandung moisturizer.
  • Setelah si kecil mandi, berikan pelembab secukupnya. Penggunaan pelembab dalam jumlah yang berlebihan justru akan membuat kulit si kecil mengalami iritasi. Mom juga dapat mencoba pelembab alami yakni lidah buaya (aloe vera).
  • Lindungi si kecil dari sinar matahari yang terik atau udara yang terlalu dingin. Bisa menggunakan jaket, mantel, sweater atau sejenisnya.
  • Setelah berenang di kolam renang yang mengandung klorin atau berenang di laut, segera bilaslah si kecil dengan air bersih.

Kandungan bahan alami juga dapat Moms temukan di dalam Telon Lang dan Telon Lang Plus. Salah satunya kandungan minyak kelapa dan minyak zaitun yang memberikan kelembapan pada kulit bayi agar tidak kering dan iritasi. Kulit lembut si kecil selalu terjaga setelah mandi bahkan ketika si kecil terlalu lama dalam ruangan ber-AC.

 

https://www.alodokter.com/kulit-kering-pada-si-kecil-begini-cara-merawat-dan-mengatasinya

https://kumparan.com/@kumparanmom/kulit-kering-pada-bayi-penyebab-dan-cara-mengatasi

https://lifestyle.kompas.com/read/2010/08/09/12221766/inilah.masalah.kulit.yang.paling.sering.dialami.bayi

Kembali