Beragam Manfaat Minyak Telon untuk Bayi | Telon Lang

Beragam Manfaat Minyak Telon untuk Bayi

February 21, 2019

Kulit bayi memang sangat sensitive dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Sebab, saat lahir seluruh organ tubuh bayi belum sempurna terutama dibagian organ kulit. Kulit berinteraksi langsung dengan lingkungan luar yang banyak mengandung kuman. Maka dari itu, bayi membutuhkan perawatan khusus agar kulit bayi tetap terjaga.

Salah satu produk bayi yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit adalah minyak telon. Aroma minyak telon menjadi wangi yang khas pada bayi setiap kali sehabis mandi dan sore hari sebelum tidur.

Manfaat minyak telon untuk bayi

Tiga kandungan alami yang terdapat pada minyak telon sangat bermanfaat dan aman digunakan pada bayi, yaitu minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa.

  • Minyak kayu putih berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan gatal akibat gigitan nyamuk.
  • Minyak adas yang beraroma khas ketika digosokkan ke tubuh bayi dapat bermanfaat untuk mencegah perut kembung, merangsang saraf-saraf dan menjadikan sistem pencernaan bayi menjadi lebih aktif.
  • Minyak kelapa bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan menjaga kelembapan kulit bayi.

Dalam pemakaian minyak telon, selain diusapkan pada punggung, dada, perut dan telapak kaki bayi, minyak telon juga bermanfaat untuk pijat bayi.

Selain membuat rileks dan menenangkan bagi bayi, penggunaan minyak telon untuk pijat bayi juga bermanfaat untuk merangsang saraf motorik, memperbaiki pola tidur bayi, membantu pencernaan, melenturkan otot dan meningkatkan kestabilan emosi bayi.

Namun sebelum menggunakan minyak telon, ada baiknya moms memerhatikan tata cara penggunaan, tanggal kadaluarsa yang biasanya tertera pada label kemasan. Menggunakan minyak telon yang sudah kadaluarsa dapat berakibat resiko terjadinya alergi di kulit bayi. Moms juga dapat mengoleskan sedikit saja minyak telon ke tubuh bayi untuk melihat kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

Jika dalam waktu 24 jam setelah minyak telon dioleskan dan kulit bayi terlihat mengalami kemerahan atau peradangan, moms perlu menghentikan penggunaannya. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena kulit bayi alergi terhadap kandungan yang terdapat pada minyak telon.

Dengan beberapa manfaat minyak telon dan cara penggunaan yang benar, moms tidak perlu khawatir lagi akan masalah perut kembung, bayi kedinginan atau gigitan nyamuk. Namun, moms juga tidak disarankan untuk mengoleskan minyak telon terlalu banyak pada tubuh bayi, dan konsultasikan ke dokter mengenai keamanan penggunaannya.

Kembali