Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi | Telon Lang

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

February 22, 2019

Perut kembung adalah suatu kondisi yang terjadi karena adanya penumpukan gas dalam perut yang tidak dikeluarkan melalui sendawa. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, bayi pun dapat mengalami hal yang sama dan biasanya tidak jarang hal tersebut membuat bayi merasa tidak nyaman dan mudah rewel.

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Sebenarnya kondisi perut kembung yang terjadi pada bayi adalah hal yang wajar, selain karena saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna, bayi yang mengalami perut kembung juga karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya.

Selain itu, moms juga perlu mengetahui beberapa penyebab dan cara ampuh mengatasi perut kembung pada bayi, seperti berikut:

 

  • Makanan yang dikonsumsi moms.

Jika moms masih menyusui si kecil, ada beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab bayi mengalami perut kembung, seperti brokoli, kol, bawang Bombay dan kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut akan berpengaruh pada bayi yang masih menyusui, dan tidak jarang bayi yang mengalami perut kembung.

  • Salah posisi saat menyusui.

Jika posisi moms saat menyusui atau botol susu yang salah diposisikan dan membuat bayi menelan terlalu banyak udara, hal tersebut juga bisa menjadi penyebab yang sering terjadi sehingga menyebabkan bayi mengalami perut kembung.

  • Kelebihan laktosa.

Hal ini biasanya terjadi saat bayi lebih banyak mengonsumsi foremilk (ASI awal setiap kali bayi menyusui) yang kaya akan laktosa namun rendah lemak. Hal tersebut dapat berakibat pada penumpukan gas di perut bayi yang diakibatkan karena tidak adanya cukup lemak untuk memperlambat proses laktosa yang dicerna dalam perut bayi.

  • Menangis berlebihan.

Bayi sering menangis memang hal yang wajar. Namun jika bayi sudah menangis berlebihan dapat menyebabkan terlalu banyak udara yang tertelan, sehingga menyebabkan bayi mengalami perut kembung.

  • Makanan yang dikonsumsi bayi.

Beda halnya dengan bayi yang hanya mendapatkan asupan ASI, bagi bayi yang sudah mulai mengonsumsi makanan, moms perlu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi bayi dan hindari pemberian berlebih pada jenis sayuran yang banyak mengandung gas.

 

Saat bayi mengalami perut kembung, ada cara mudah yang bisa moms lakukan adalah dengan mengusapkan minyak telon pada perut si kecil untuk membantu meringankan perut kembungnya. Selain itu moms juga dapat mengikuti beberapa langkah mudah untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

  1. Bantu bayi sendawa.

Sendawa sangat penting bagi bayi dan orang dewasa untuk mendorong udara agar keluar dari tubuh. Ada beberapa cara yang direkomendasikan untuk membantu bayi bersendawa seperti melakukan gerakan goyang yang lembut pada bayi dalam posisi duduk. Lalu menggendong bayi dengan posisi tegak atau diatas bahu, dan membaringkan bayi selama lima sampai sepuluh menit tepat setelah bayi menyusui.

  1. Posisi menyusui yang tepat.

Saat moms menyusui, usahakan memilih posisi yang tepat dan nyaman dengan memposisikan kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Dengan posisi tersebut, dapat membantu ASI yang masuk ke dalam perut dan udara naik keatas, sehingga memudahkan bayi untuk bersendawa.

  1. Pijatan hangat dan perlahan.

Melakukan pijatan hangat dan perlahan menggunakan minyak telon, selain membuat tubuh si kecil lebih nyaman, hal tersebut juga dapat membantu meringankan perut kembung pada bayi. Moms dapat melakukan pijatan ringan dengan posisi bayi tengkurap diatas pangkuan moms, lalu mengusap-usap punggungnya menggunakan minyak telon.

 

Beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi seperti diatas, selain dapat meringankan perut kembung bayi, hal tersebut juga dapat membuat tubuh bayi lebih nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan.

Kembali