Ini 5 Penyakit yang Kerap Muncul Ketika Musim Hujan Tiba | Telon Lang

Ini 5 Penyakit yang Kerap Muncul Ketika Musim Hujan Tiba

January 18, 2019

Musim hujan telah tiba. Bagi Moms yang tinggal di tempat bersuhu panas tentu merasa senang karena udara terasa lebih sejuk dan tidak berdebu meski risiko banjir dan jalanan tergenang air yang berakibat macet juga menyertai. Tidak hanya hal tersebut di atas yang terjadi selama musim hujan, tetapi yang perlu Moms penting waspadai adalah bahaya penyakit yang mengintai. Saat musim hujan, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Hal itu terjadi lantaran adanya perubahan suhu pada lingkungan. Di saat musim hujan pula, kuman lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi tubuh manusia. Tubuh dengan daya tahan lemah menjadi incaran empuk bakteri dan virus.

 

Berikut adalah lima penyakit yang kerap muncul ketika musim hujan tiba :

  1. Demam Berdarah

Demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. DBD paling banyak ditemui selama musim hujan dan setelah musim hujan di area tropis dan subtropis seperti di Indonesia. Ketika musim hujan tiba, muncul banyak genangan air di sana-sini. Genangan air adalah tempat bersarangnya nyamuk Aedes aegypti. Sehingga ketika musim hujan tiba, banyak sekali orang yang terjangkit DBD.

  1. Diare

Ketika musim hujan tiba, kualitas kebersihan lingkungan umumnya menurun. Tumpukan sampah basah yang menggunung adalah salah satunya. Aneka virus, bakteri, parasit lebih mudah berkembang jika berada dalam kondisi basah. Penyakit yang  timbul akibat kondisi lingkungan yang tidak higienis adalah yang berhubungan dengan pencernaan. Salah satunya adalah diare.

  1. Influenza

Influenza atau flu adalah infeksi virus pada saluran pernapasan. Flu (batuk dan pilek) adalah penyakit langganan yang muncul pada saat pergantian musim dari panas ke hujan atau sebaliknya. Bagi orang tua, balita, dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah akan lebih mudah terserang flu.

  1. Tipes

Penyakit tipes adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang terdapat pada tinja atau kotoran binatang. Bakteri ini menginfeksi saluran pencernaan karena penderitanya mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Tubuh yang terserang tipes biasanya akan mengalami demam tinggi, sakit kepala, hilang nafsu makan, kelelahan, dan sakit pada bagian perut. Dalam kasus tertentu, tipes juga menyebabkan ruam dan sembelit.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA)

ISPA merupakan penyakit saluran pernapasan yang mengakibatkan seseorang mengalami batuk, bersin-bersin, dan demam. ISPA juga mudah menular kepada orang lain dengan daya tahan tubuh lemah.

Musim hujan adalah hal rutin yang selalu dialami setiap tahun.  Untuk melindungi seluruh anggota keluarga dari beragam penyakit yang muncul ketika musim hujan tiba, Moms dapat melakukan hal berikut :

  • Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di sekitar rumah
  • Segera buang atau bersihkan jika terdapat genangan air di lingkungan rumah, karena genangan air adalah tempat bersarangnya nyamuk.
  • Rajin mencuci tangan. Terlebih untuk si kecil, biasakan ia untuk mencuci tangan setelah selesai bermain atau ketika hendak makan supaya kuman yang menempel di tangan tidak berpindah ke mulut.
  • Hindari makan makanan yang tidak higienis. Misal : makanan yang dibiarkan terbuka tanpa penutup sehingga lalat selalu menghampiri.
  • Selalu mebawa payung atau menggunakan jas hujan jika naik kendaraan roda dua. Terkena hujan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di tubuh yang berujung dengan demam dan flu.
  • Menjaga stamina tubuh supaya yakni dengan tidur yang cukup, menjaga asupan gizi, rajin berolahraga, menghindari stress.
  • Untuk melindungi si kecil dari gigitan nyamuk, oleskan Telon Lang Plus sebelum ia mulai beraktivitas atau ketika ia tidur.

Silakan mencoba tips di atas ya Moms. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga Moms dan keluarga selalu sehat dan terhindar dari penyakit yang kerap muncul di musim hujan ini.

 

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181029082340-255-342178/penyakit-penyakit-yang-meradang-saat-musim-hujan

http://www.parenting.co.id/balita/penyakit+khas+di+musim+hujan

Kembali