Ini Dia Alasan Kenapa Bayi Sering Menangis Di Malam Hari | Telon Lang

Ini Dia Alasan Kenapa Bayi Sering Menangis Di Malam Hari

December 25, 2018

Orang tua yang memiliki bayi, biasanya jam tidurnya kurang. Hal ini terjadi karena bayi berusia 0-3 bulan kerap terbangun dan menangis di malam hari. Tahukah Moms apa yang menyebabkan bayi sering menangis di malam hari?

Apa yang dirasakan bayi hanya dapat diungkapkan lewat tangisan, wajar jika dalam sehari akumulasi  ia menangis bisa berlangsung hingga 3 jam bahkan lebih. Umumnya bayi selalu menangis lebih lama di malam hari, ada beberapa fakta yang perlu Moms ketahui mengenai hal ini :

  • Bukan karena penyebab mistis atau gangguan makhluk halus
  • Terbangun di malam hari dan tidak ada orang di sampingnya membuat ia merasa kesepian dan menangis karena butuh perhatian. Jika hal ini penyebabnya, tangisannya kadang bisa dihentikan dengan hanya melihat wajah, mendengar suara atau ketika disentuh oleh ibunya.
  • Si kecil merasa bosan berada di tempat tidur terus. Ingin digendong atau berubah posisi.
  • Setiap 2 jam sekali umumnya bayi perlu mendapatkan asupan ASI lagi. Bisa jadi pada saat ia merasa lapar, Moms ketiduran. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya Moms memasang alarm sebagai pengingat.
  • Popoknya basah. Sebelum tidur, pastikan popok si kecil kering. Dan jika popoknya sudah basah, segera ganti dengan yang baru. Karena popok yang basah membuat ia merasa tidak nyaman.
  • Arsenic hour. Bayi akan menggunakan energinya untuk menangis dengan sangat keras. Semua usaha yang dilakukan untuk menghentikan tangis si kecil sia-sia belaka. Bahkan ada yang bisa bertahan lebih dari satu jam. Hal ini bisa terjadi karena persediaan ASI lebih rendah daripada siang hari. Ini fluktuasi normal yang dialami semua wanita. Karena aliran susu lebih lambat, bayi mungkin akan mengalami frustrasi. Nah, karena volume susu lebih rendah, bayi mungkin ingin sering menyusu dan akhirnya rewel.
  • Mimpi buruk. Bayi berusia 4 bulan memiliki kesamaan dengan manusia dewasa dalam beberapa hal, sehingga mereka juga bisa mengalami mimpi buruk. Dan hal yang muncul dalam mimpinya biasanya terkait dengan apa yang ia alami sepanjang hari itu.
  • Gigitan nyamuk. Untuk menghindarinya, pasang kelambu pada tempat tidur bayi, atau oleskan minyak Telon Lang Plus yang melindung bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam.

Lalu apa yang harus Moms lakukan jika si kecil menangis di malam hari?

  1. Jangan panik

Rasa panik tak akan menyelesaikan masalah apapun, Moms harus tenang dalam mengatasi hal ini.

  1. Tenangkan dia

Jika Moms menduga bayi mendadak menangis histeris karena mimpi buruk, segera tenangkan dia dengan kata-kata yang lembut dan bernada datar. Jaga agar jangan sampai nada suara  terdengar kesal, karena ini akan membuat ia semakin tidak nyaman dan tangisnya pun akan semakin menjadi-jadi.

  1. Periksa suhu tubuhnya

Ada kemungkinan bayi menangis histeris di malam hari karena demam, sulit bernafas karena flu, dll. Jika ia menolak minum ASI dan terus menangis ketika digendong, cek suhu tubuhnya menggunakan termometer.

  1. Menggendong bayi

Ini cara kuno tapi jitu. Dan sering kali berhasil menenangkan bayi menangis di malam hari, terutama jika ia mengalami mimpi buruk. Lakukan dengan tenang dan yakin karena bayi akan mudah mengenali perubahan pada detak jantung ketika Moms merasa kesal atau panik karena ia tak berhenti menangis. Bersenandung perlahan sambil menggendong bayi bisa Moms lakukan agar ia tenang dan lekas tertidur kembali.

  1. Minta bantuan ayah

Mintalah bantuan suami untuk bergantian menggendong atau memangku bayi. Hal ini perlu dilakukan untuk memberi waktu istirahat bagi si ibu agar tetap terjaga mood dan juga kesehatan tubuhnya.

Bayi menangis di malam hari adalah hal yang wajar, tetapi jika Moms merasa tangisan si kecil tidak wajar, bisa saja ada sesuatu yang tidak nyaman di tubuhnya yang butuh penanganan lebih lanjut secara medis.  Jangan ragu untuk segera membawa si kecil ke dokter. Sebab penanganan yang lebih cepat, tentu akan lebih baik ya Moms.

 

https://www.haibunda.com/aktivitas/d-3910596/mengenal-arsenic-hour-saat-bayi-sering-menangis-di-malam-hari

https://id.theasianparent.com/penyebab-bayi-menangis-histeris-di-malam-hari/

https://id.theasianparent.com/apa-yang-harus-dilakukan-jika-bayi-menangis-histeris-di-malam-hari/

Kembali