Ini Tips Supaya Gigi Si Kecil Tidak Mudah Berlubang | Telon Lang

Ini Tips Supaya Gigi Si Kecil Tidak Mudah Berlubang

November 5, 2018

Pernahkah Mom mengalami si kecil rewel karena mengeluh giginya sakit? Jika hal ini terjadi pada si kecil yang masih berusia balita, wah tentu cukup membuat panik ya, Mom? Masalah pada gigi sering dialami oleh anak-anak utamanya disebabkan karena kebiasaannya suka dengan makanan manis dan belum terbiasa menyikat gigi secara teratur.

 

Berikut adalah beberapa penyebab gigi berlubang pada anak :

  1. Akibat Botol Susu

Kebiasaan si kecil minum susu dari botol dalam posisi tidur jika dilakukan selama berjam-jam, dapat membahayakan gigi bayi. Susu mengandung gula yang merupakan makanan bagi bakteri. Jika gula susu menempel pada gigi, ini artinya memberikan makanan untuk bakteri berkembang biak di gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

  1. Makan Makanan Yang Terlalu Manis

Permen, coklat dan aneka makanan adalah kegemaran anak-anak. Ketika mengonsumsi makanan dan minuman bergula, sebagian gula masih akan terjebak di gusi dan gigi si kecil. Gula adalah sumber makanan yang akan memicu perkembangan bakteri jahat di mulut. Kumpulan bakteri ini menyebabkan plak dan gigi berlubang.

  1. Tidak Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Tidak menggosok gigi sebelum tidur akan membuat gulayang terjebak di gusi dan gigi si kecil menjadi tempat bersarangnya bakteri yang menyebabkan gigi berluban.

  1. Tidak Bersih Ketika Menggosok Gigi

Kalau anak tidak benar-benar menyikat giginya sampai tuntas, plak dan bakteri akan bersarang di gusi dan gigi. Inilah mengapa biasanya gigi yang berlubang terletak di bagian belakang rahang si kecil.

  1. Kekurangan Fluorida

Fluorida adalah mineral alami yang dibutuhkan untuk membangun kekuatan gigi, terutama pada anak-anak. Kekurangan mineral ini menyebabkan gigi jadi rapuh dan mudah berlubang.

Supaya gigi si kecil tidak berlubang, Mom dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasinya :

  • Atur waktu khusus untuk minum susu setiap hari karena meminum susu dari botol sepanjang hari bisa merusak gigi susu.
  • Jika si kecil sudah beranjak besar, tidak ada salahnya untuk mengajarinya minum susu dengan gelas. Ini akan lebih baik untuk melatih keterampilan motorik dan koordinasi anak.
  • Untuk mencegah kekurangan fluorida, pilih pasta gigi anak yang mengandung fluorida. Pastikan anak juga mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua yang kaya akan zat besi dan mineral.
  • Biasakan anak untuk selalu menyikat giginya dua kali sehari secara teratur, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Dan jangan lupa untuk selalu awasi si kecil ketika menyikat gigi sendiri, terutama pada mereka yang masih berusia balita.
  • Batasi anak makan makanan manis karena dapat mengikis enamel dan menyebabkan gigi anak berlubang.
  • Biasakan anak untuk selalu menyikat gigi setelah makan makanan manis agar gula pada makanan tidak menempel di gigi dan gigi berlubang dapat dihindari.
  • Ketika gigi si kecil sudah muncul, Mom dapat mulai secara rutin membersihkan dengan menggunakan sikat gigi yang halus dan air (tanpa pasta gigi).
  • Ketika semakin beranjak besar, Mom dapat mulai menggunakan pasta gigi khusus anak yang mengandung fluorida. Ajari anak untuk tidak menelan busa pasta gigi, melainkan harus meludahkannya.

Menggosok gigi dua kali sehari secara teratur (terutama sebelum tidur) dan benar adalah cara yang paling efektif untuk mencegah gigi berlubang pada balita. Tantangan bagi si ibu untuk mengajarkan si kecil rajin menggosok gigi. Meski agak sulit, tetapi hal ini tentu lebih baik daripada melihat si kecil rewel akibat giginya sakit. Setuju Moms?

Kembali