Inilah Cara Menggunakan Minyak Telon yang Benar untuk Bayi | Telon Lang

Inilah Cara Menggunakan Minyak Telon yang Benar untuk Bayi

January 15, 2019

Minyak telon adalah warisan turun temurun dari para leluhur Bangsa Indonesia yang sudah umum digunakan pada bayi. Meski bukan suatu hal yang wajib , penggunaan minyak telon ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang mendasar bagi si kecil yang masih bayi. Perlengkapan bayi ini merupakan salah satu hal yang banyak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan kehangatan yang  dihasilkan pada setiap olesannya mampu menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat.

 

Perlu moms ketahui, bahwa kulit bayi masih tipis dan cadangan lemaknya pun masih sedikit. Hal inilah yang menyebabkan si kecil lebih rentan dengan suhu yang dingin. Selain untuk menghangatkan tubuh si kecil, minyak telon pun memiliki manfat yang mampu memberikan kenyamanan untuk bayi sepanjang hari, sehingga membuatnya tidak rewel dan bisa tidur dengan tenang.

 

Meskipun aromanya sangat wangi dan kehangatannya memang terbukti sangat baik, akan tetapi moms harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar dan bijak, berikut penjelasannya:

 

  1. Hindari Area yang Sensitif

Bijaklah dalam menggunakan minyak telon untuk si kecil, karena pada dasarnya perlengkapan bayi ini tidak boleh dioleskan pada beberapa bagian – bagian tertentu, karena bisa saja bagian tersebut merupakan bagian yang sangat sensitif dan tidak boleh terkena oleh minyak telon. Pastikan juga moms untuk tidak mengoleskannya pada bagian kulit si kecil yang sedang mengalami ruam atau iritasi dan bijaklah dalam menggunakan minyak telon secukupnya pada saat setelah si kecil mandi dan ketika udara sedang dingin.

 

Beberapa area yang wajib dihindari diantaranya seperti area sekitaran wajah seperti mata, daerah sekitar hidung dan pada bagian telapak tangan si kecil. Meski kehangatan dan aromanya memang baik dan bermanfaat, namun tetap akan berisiko jika dioleskan pada bagian – bagian tersebut.

 

  1. Mengenal Lokasi Pemakaian yang Tepat

Lokasi atau bagian tubuh yang tepat untuk mengusapkan minyak telon pada si kecil diantaranya seperti pada bagian telapak kaki, pada bagian leher, bagian dada, perut dan punggung. Daerah – daerah tersebut merupakan bagian tubuh yang relatif terbuka atau memiliki ukuran cukup luas. Ketika minyak telon diusapkan pada bagian – bagian tersebut, akan ada cukup banyak pembuluh darah halus pada bagian bawah permukaan kulit yang akan mengalami pelebaran. Proses pelebaran pembuluh – pembuluh darah halus inilah yang dapat membuat peredaran darah dan transportasi oksigen lebih lancar.

 

  1. Gunakan Hanya Produk Berkualitas Terbaik dan Berbahan Alami

Untuk kebutuhan si kecil, alangkah baiknya Anda lebih memprioritaskan yang berkualitas, khususnya pada saat memilih minyak telon. Produk berkualitas baik tentu tidak akan menggunakan kandungan yang berbahaya pada kulit bayi, salah satunya adalah minyak Telon Lang yang terbuat dari bahan alami dan telah dipercaya sejak lama. Baca juga secara teliti aturan pakai yang biasa tertera pada kemasan.

 

Itulah beberapa poin penting cara menggunakan minyak telon yang perlu moms ketahui.

Kembali