Liburan Nyaman Tanpa Gangguan Nyamuk | Telon Lang

Liburan Nyaman Tanpa Gangguan Nyamuk

January 2, 2019

Pergi liburan bersama si kecil memang menyenangkan ya Moms. Melihat dia aktif bergerak dan mengeksplorasi tempat baru pasti memberi Moms kebahagiaan tersendiri. Apalagi nih liburan mendatangkan banyak manfaat untuk perkembangan si kecil diantaranya menghilangkan stress, sebagai sarana belajar baru, membangun rasa cinta dengan keluarga, melatih anak berinteraksi dengan lingkungan social lainnya, serta membuat kenangan yang tak terlupakan.

Jangan sampai deh kegembiraan yang ia rasakan jadi terganggu karena kehadiran nyamuk. Kalau Moms sedang ada di rumah sih pasti lebih mudah untuk mengatasi dan mencegah nyamuk dan penyebarannya. Tapi beda cerita kalau Moms dan keluarga sedang berlibur ke suatu tempat yang belum pernah Moms datangi sebelumnya. Akan lebih susah untuk mengontrolnya terlebih karena belum ada vaksin yang bisa mencegah demam berdarah.

Seperti yang diketahui nih Moms, saat ini memang tidak ada vaksin demam berdarah yang tersedia secara luas. Meskipun beberapa waktu yang lalu sempat muncul berita yang menyebutkan jika ada vaksin demam berdarah namun hal tersebut ternyata telah ditangguhkan oleh pemerintah Indonesia.

Dikutip dari bbc,com, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menginstruksikan para dokter anak dan masyarakat untuk tidak melakukan pemberian vaksin demam berdarah tersebut kepada anak-anak. Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) sedang melakukan re-evaluasi keamanan dan manfaat produk vaksin yang beredar di Indonesia sejak tahun lalu. Hal ini menyusul hasil penelitian terbaru dari Sanofi Pasteur, perusahaan asal Prancis yang memproduksi vaksin tersebut, yang menyebut vaksin tersebut justru berbahaya bagi mereka yang belum pernah terjangkit virus dengue.

Namun Moms tidak perlu khawatir terhadap serangan nyamuk saat pergi berlibur. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat mengurangi risiko Moms dan si kecil digigit nyamuk:

  1. Menggunakan obat nyamuk, produk yang mengandung 50% DEET adalah yang paling efektif, tetapi untuk anak-anak harus menggunakan obat nyamuk dengan konsentrasi yang lebih rendah yaitu 15-30% DEET. Sementara DEET tidak dianjurkan untuk anak dibawah usia 2 bulan, dan disarankan mencari alternatif lain dari DEET.
  2. Kenakan pakaian yang longgar tapi melindungi karena nyamuk dapat menggigit pakaian yang ketat, celana panjang, kemeja lengan panjang, kaus kaki dan sepatu (bukan sandal) sangat ideal untuk melindungi dari gigitan nyamuk.
  3. Jika memungkinkan Moms bisa tidur dengan memakai kelambu. Beberapa villa/resort liburan ada yang menyediakan kasur lengkap dengan kelambu, namun ada juga yang tidak.
  4. Menutupi, mengosongkan dan membersihkan wadah penyimpanan air yang ada di sekitar kamar hotel.
  5. Menggunakan losion anti nyamuk seperti Telon Lang Plus untuk seluruh keluarga. Telon Lang Plus mengandung bahan alami dan terbukti secara klinis mengusir nyamuk. Aman dan nyaman digunakan untuk si kecil yang masih bayi sekalipun.

 

Jika salah satu keluarga Moms ada yang mengalami gejala demam berdarah saat sedang liburan namun belum tahap kritis, Moms bisa melakukan hal ini sendiri selama di hotel.

  1. Minum parasetamol untuk menghilangkan rasa sakit dan demam
  2. Hindari aspirin atau ibuprofen, karena ini dapat menyebabkan masalah perdarahan pada orang dengan demam berdarah
  3. Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi
  4. Minum air botol dari botol yang tertutup rapat, jangan yang terbuka
  5. Beristirahatlah yang banyak

 

Perawatan diatas sifatnya sementara dan hanya menghilangkan gejala saat infeksi berjalan dengan sendirinya. Namun, jika langkah diatas sudah dilakukan, maka penderita harus mulai merasa lebih baik dalam waktu sekitar satu minggu. Jika gejala tidak segera membaik dan semakin buruk meskipun belum seminggu, Moms bisa segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Deteksi klinis yang hati-hati dan manajemen pasien demam berdarah dapat secara signifikan mengurangi tingkat kematian akibat demam berdarah yang parah.

Ada baiknya, Moms berbicara dengan dokter sebelum bepergian untuk mendapatkan nasihat khusus tentang apa yang dapat Moms lakukan untuk menghindari demam berdarah dan penyakit perjalanan lainnya. Karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Selamat pergi berlibur!

 

 

sumber:

https://www.nhs.uk/conditions/dengue/

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/dengue-and-severe-dengue

https://www.orami.co.id/magazine/tidak-hanya-bersenang-senang-ini-5-manfaat-liburan-bagi-anak/

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-42326845

Kembali