Manfaat Berenang Untuk Si Kecil | Telon Lang

Manfaat Berenang Untuk Si Kecil

January 19, 2019

Apakah si kecil suka bermain air? Umumnya semua anak kecil suka bermain air ya, Moms. Tetapi bagaimana dengan berenang, kapan waktu yang tepat untuk si kecil belajar berenang? Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa dengan memberikan anak banyak waktu di kolam renang sejak dini, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kepandaian mereka.

Simak beragam manfaat berenang untuk si kecil berikut :

  • Meningkatkan rasa percaya diri anak

Penelitian di Jerman juga mengungkapkan bahwa anak-anak yang diberi pelajaran berenang pada usia 2 bulan hingga 4 tahun akan lebih mudah beradapatasi dengan lingkungan baru dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, serta lebih mandiri daripada mereka yang tidak belajar berenang.

  • Mengurangi risiko tenggelam

Data dari American Academy of Pediatric menunjukkan bahwa ketidakmampuan berenang anak dan balita merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Oleh sebab itu, mengajari anak berenang adalah hal yang penting. Orangtua dapat mencoba untuk mengajari anak  beberapa teknik dasar berenang semisal mengapung dengan bagian punggung di bawah. Jadi, melatih anak berenang sejak dini bukan hal yang berlebihan.

  • Membuat anak cerdas

Berenang membuat anak melakukan banyak gerakan pada kedua sisi tubuh sehingga saraf-saraf di otak akan aktif terutama di bagian corpus collosum yang bertanggung jawab mengatur komunikasi balik terhadap rangsangan dan mengantarkan rangsangan dari sisi otak ke sisi yang lain. Dengan begitu, kemampuan membaca, berbahasa, serta pembelajaran akademis anak akan meningkat.

  • Mengajarkan keseimbangan tubuh

Berenang pun membentuk koordinasi anggota tubuh semisal gerakan kaki, lengan, teknik bernapas, hingga kepala. Dengan begitu, anak akan mampu melakukan beragam gerakan dengan seimbang.

  • Tidak takut air

Berenang membuat anak harus berlama-lama di air. Selain itu, jika ia sudah bisa berenang, ia tidak akan mengalami ketakutan untuk langsung terjun ke air. Hal ini akan bermanfaat saat terjadi kondisi darurat yang bisa saja terjadi.

  • Mengajak anak beraktivitas outdoor

Berenang termasuk olahraga yang melibatkan banyak gerakan tubuh, sehingga akan mengurangi kemungkinan anak obesitas.

  • Kardiovaskuler makin sehat

Manfaat mengajari anak berenang lainnya yaitu membuat sistem kardiovaskuler anak semakin sehat, sehingga jantung dan paru-paru anak akan selalu dalam kondisi prima.

  • Melatih disiplin

Dengan belajar renang tentunya si kecil akan belajar untuk mengikuti instruksi dan sebagainya. Dengan belajar mengikuti instruksi, anak juga akan belajar untuk mengikuti aturan sehingga kedisiplinannya pun ikut terlatih.

  • Melatih keberanian

Jika sejak kecil anak diajari untuk berenang, maka ketika menginjak dewasa mereka tidak akan fobia atau takut untuk berenang.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Moms perhatikan ketika si kecil akan belajar berenang :

  • Jangan biarkan ia berenang sendirian tanpa pengawasan.
  • Jangan memaksanya untuk melakukan hal-hal yang belum ia kuasai
  • Jangan mengajak si kecil yang berusia kurang dari 6 bulan ke kolam renang umum, karena risiko tenggelam lebih besar dan kandungan kaporit dapat membuat kulitnya teriritasi.
  • JIka orang tua tidak mampu untuk mengajar teknik renang yang baik, sebaiknya menggunakan pelatih renang.
  • Setelah selesai berenang, oleskan Telon Lang atau Telon Lang Plus untuk memberikan rasa hangat pada tubuh si kecil.

Jika saat ini si kecil belum bisa berenang, yuk Moms ajak si kecil ke kolam renang untuk mulai belajar berenang. Manfaatnya banyak dan ikatan antara orang tua dan anak juga makin baik lho.

 

https://www.halodoc.com/6-manfaat-mengajari-anak-berenang

https://www.haibunda.com/aktivitas/d-4192745/5-manfaat-berenang-untuk-anak

Kembali