Manfaat Kandungan – Kandungan yang Terdapat Pada Minyak Telon | Telon Lang

Manfaat Kandungan – Kandungan yang Terdapat Pada Minyak Telon

January 16, 2019

Umumnya, moms mungkin akan menggunakan minyak telon untuk menghangat tubuh si kecil. Namun, pada dasarnya ternyata perlengkapan bayi ini memiliki kandungan – kandungan yang bermanfaat lainnya selain menghangatkan tubuh si kecil.

 

Dalam minyak telon sendiri memiliki beragam macam kandungan yang menjadi bahan dasar pembuatan perlengkapan bayi tersebut. Bahan – bahan tersebut yaitu minyak kayu putih, minyak kelapa dan minyak adas. Ketiga kandungan tersebut ternyata memiliki manfaat masing – masing yang menjadikan minyak telon ini sebagai salah satu perlengkapan bayi yang wajib disediakan oleh moms. Ingin tahu apa saja manfaat dari kandungan – kandungan tersebut? Yuk sama – sama intip penjelasannya.

 

  • Manfaat Kandungan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah bahan dasar dan bahan utama dari minyak telon. Kandungan minyak putih ini adalah bahan dasar yang menciptakan sensasi hangat untuk tubuh si kecil ketika dioleskan pada bagian tubuh. Selain menghangatkan, kandungan ini pun mampu meredakan rasa gatal akibat gigitan tungau.

 

  • Manfaat Kandungan Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang terdapat pada minyak telon ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk melembapkan kulit, tidak terkecuali juga untuk kulit si kecil yang masih bayi. Kandungan ini mampu menghidrasi kulit dengan baik, dan telah terbukti mampu mengatasi gejala eksim yang juga ditandai dengan ruam serta gatal pada kulit. Menurut

ahli kesehatan, minyak kelapa ini memiliki sifat antimikroba, yang juga mampu melindungi kulit dari mikro organisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

 

  • Manfaat Kandungan Minyak Adas

Aroma minyak telon sangat khas sekali, tahukah moms kalau aroma tersebut ternyata keluar dari kandungan minyak adas yang ada pada minyak telon tersebut. Selain memiliki wangi yang khas, ternyata kandungan minyak adas ini memiliki manfaat lain seperti untuk meredakan sakit perut dan hidung meler. Manfaat lainnya dari minyak adas ini dipercaya juga mampu untuk menghambat pertumbuhan jamur tertentu yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

 

Cara Menggunakan Minyak Telon yang Benar

Setelah moms mengetahui apa saja manfaat dari minyak telon tersebut, selanjutnya moms pun perlu mengetahui bagaiman cara menggunakannya dengan baik dan benar. Sebelum mengoleskan minyak telon pada kulit si kecil, alangkah lebih baiknya membaca terlebih dahulu tabel kemasannya. Umumnya, pada tabel tersebut tertera cara penggunaan dan juga tanggal kadaluwarsa dari produk tersebut. Membaca tabel pada kemasan penting untuk mengetahui keamanan penggunaan sebelum moms mengaplikasikannya pada kulit bayi.

 

Setelah membaca kemasannya, oleskan minyak telon sedikit saja pada bagian kulit. Moms bisa mengoleskan minyak telon pada bagian kaki untuk melihat kemungkinan munculnya reaksi alergi. Jika dalam waktu 24 jam setelah moms mengoleskan minyak telon kulit bayi tampak kemerahan atau peradangan, sebaiknya hentikan penggunaannya.

 

Meskipun sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat memastikan dosis penggunaannya, termasuk pada bayi, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak telon ini agar tidak terlalu banyak pada bagian kulit bayi. Selain itu, moms pun harus mengetahui bagian tubuh si kecil yang sangat penting untuk dioleskan minyak telon, yaitu seperti bagian perut, dada, leher dan punggung. Sebaliknya, hindari juga area – area seperti area pada bagian wajah seperti bagian mata, area hidung dan juga pada bagian telapak tangan si kecil.

 

Itulah beberapa pemaparan tentang manfaat dari kandungan – kandungan yang ada pada minyak telon dan juga cara menggunakannya agar si kecil menjadi semakin lebih nyaman.

Kembali