Manfaat Mengoleskan Minyak Telon Pada Beberapa Titik Tubuh si Kecil | Telon Lang

Manfaat Mengoleskan Minyak Telon Pada Beberapa Titik Tubuh si Kecil

January 17, 2019

Mengusapkan minyak telon pada bayi sudah menjadi tradisi yang turun temurun di Indonesia. Moms sendiri tentu sering menggunakannya untuk menghangatkan tubuh si kecil sehabis mandi atau udara dingin. Selain memberikan sensasi hangat pada tubuh si kecil, wanginya yang khas menjadi salah satu pertimbangan setiap orang tua untuk menggunakannya pada si kecil. Ramuan tradisional ini telah menjadi andalan para ibu untuk menjaga kesehatan buah hatinya sejak zaman dulu kala.

 

Perlu moms ketahui, minyak telon ini terbuat dari 3 kandungan penting yang menjadi bahan utamanya. Yaitu minyak kayu putih, minyak adas dan minyak kelapa. Masing – masing kandungan memiliki manfaat untuk tubuh dan kulit si kecil. Minyak kayu putihnya mampu menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin, minyak adas sebagai kandungan minyak yang membuat minyak telon ini memiliki wangi yang khas serta kandungan minyak kelapa yang bisa melembapkan dan lembut untuk kulit si kecil.

 

Dengan menggunakan minyak telon, moms dapat memberikan sentuhan hangat pada beberapa bagian tubuh si kecil. Akan tetapi, dalam mengaplikasikannya, moms perlu mengetahui juga daerah mana saja yang boleh dan tidak boleh dioleskan. Daerah yang tidak dianjurkan diantaranya seperti bagian mata, area hidung dan telapak tangan si kecil. Selain itu, hindari juga area kulit yang sedang terkena iritasi untuk kenyamanan si kecil.

 

Melalui sentuhan hangat moms pada titik – titik tertentu , maka saraf – saraf tubuh si kecil akan terstimulasi dengan baik dan peredaran darahnya pun akan lancar. Hal inilah yang akan memungkinkan bagi metabolisme tubuh si kecil untuk bekerja lebih baik lagi. Selain itu,

manfaat lain dari minyak telon ini mampu menghilangkan rasa pegal dan aromanya yang khas dapat memberikan efek rileks bagi si kecil.

 

Pada saat mengusapkan minyak telon pada beberapa bagian tubuh si kecil, moms tidak boleh sembarangan. Beberapa bagian tubuh si kecil yang perlu dioleskan diantaranya seperti bagian dada, punggung, perut dan telapak kaki. Gosokan minyak telon pada titik – titik tersebut sambil melakukan sentuhan dan pijatan lembut dalam suasana yang menyenangkan. Lakukan sentuhan di area dada di bawah leher, tepatnya pada bagian puncak tulang dada untuk menstimulasi kelenjar thymus untuk membantu pembentukan sistem antibodi si kecil dan menstimulasi kelenjar thymus.

 

Moms juga bisa melakukan tekanan lembut pada bagian rongga perut untuk mendorong angin yang mungkin terperangkap karena perisaltrik usus si kecil masih belum lancar. Lakukan juga pijatan dan sentuhan yang lembut pada bagian punggung untuk mendukung kemampuan dan kelenturan otot bayi di seluruh punggung agar dapat membangun postur tubuh yang baik dan mematangkan susunan saraf pada bagian tulang belakang. Sedangkan sentuhan dan pijatan yang moms lakukan pada telapak kaki dan jari jemarinya memberikan manfaat pada kematangan sarafnya yang bermanfaat pada saat proses belajar berjalan.

 

Namun, tidak dianjurkan untuk menggunakannya secara berlebihan, meskipun perlengkapan bayi ini relatif aman. Moms bisa melihat panduan lengkap tentang tata cara penggunaannya di balik kemasan yang umumnya sudah tertera sebagai informasi penting untuk pengguna.

 

Nah, itulah cara – cara dalam mengaplikasikan minyak telon yang bisa moms praktikan sendiri di rumah agar si kecil nyaman. Selamat mencoba.

Kembali