Manfaat Minyak Telon untuk Bayi yang Tidak Banyak Diketahui | Telon Lang

Manfaat Minyak Telon untuk Bayi yang Tidak Banyak Diketahui

January 14, 2019

Aroma khas dari minyak telon sangat disukai oleh banyak orang, bahkan aromanya sudah menjadi aroma khas bayi Indonesia karena minyak telon merupakan salah satu produk perlengkapan bayi yang biasa digunakan pada tubuh. Moms pun mungkin menggunakannya dan telah menjadi kebiasaan sehari – hari untuk diusapkan pada tubuh si kecil. Kebiasaan ini bisa dibilang sudah menjadi suatu tradisi leluhur tradisional masyarakat Indonesia yang turun temurun. Hal ini karena minyak telon sendiri memiliki khasiat yang cukup banyak khususnya untuk si kecil.

 

Salah satu alasan kenapa setiap orang tua dari dulu hingga kini menggunakan minyak telon pada si kecil adalah untuk menghangatkan si kecil. Kenapa tubuh bayi perlu dihangatkan? Karena sistem pengaturan panas tubuh si kecil yang masih bayi belum sempurna, terutama pada awal – awal kehidupannya. Akibatnya, ketika suhu yang berada disekitarnya dingin, si kecil pun akan mudah merasakan kedinginan dan menggigil. Maka dari itu, moms harus menyediakan selalu minyak telon untuk si kecil.

 

Selain untuk menjaga suhu tubuh si kecil agar tetap hangat, ada beberapa manfaat minyak telon lainnya yang perlu moms ketahui, berikut pemaparan lengkapnya.

 

  1. Manfaat Minyak telon untuk Meredakan Perut Kembung

Perut kembung adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh bayi. Perut kembung terjadi karena penumpukan gas yang terjebak di dalam perut karena tidak dikeluarkan oleh sendawa. Kondisi tersebut pada si kecil bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya seperti kebiasaan si kecil yang menghisap botol susu meski telah habis, si kecil yang tidur dalam kondisi kipas angin menyala, pemilihan susu formula yang tidak cocok, terlalu lama berada di ruangan dingin seperti ruangan ber-AC dan popok yang digunakan oleh si kecil jarang diganti atau sudah terlalu basah.

 

Untuk meredakannya, ambil minyak telon lalu usapkan secara perlahan dan lembut pada bagian perut si kecil dengan gerakan melingkar ke bawah. Tekan juga tangan moms pada bagian perut si kecil secara perlahan untuk membantu meringankan rasa sakit dan menggerakan gas agar keluar dari usus si kecil.

 

  1. Memiliki 3 Kandungan Minyak Sekaligus

Minyak telon pada dasarnya terdiri dari tiga macam kandungan, sehingga sensasi hangatnya berbeda dari minyak kayu putih yang lebih kuat dari minyak telon. Minyak telon jauh lebih lembut di permukaan kulit bayi sehingga lebih cocok untuk bayi.

 

Selain kandungan minyak putih, terdapat 2 jenis kandungan minyak lain yang dikombinasikan sehingga selain memberikan sensasi hangat juga memberikan sensasi aroma yang khas. 2 jenis kandungan minyak lainnya adalah minyak adas  dan minyak kelapa. Minyak adas dikenal sebagai bahan yang menciptakan aroma khas dari minyak telon, sementara minyak kelapa membuat tekstur dari telon ini menjadi semakin lembut dan melembabkan kulit bayi.

 

  1. Meredakan Sakit Perut dan Hidung Meler

Kandungan minyak adas yang terdapat pada minyak telon terbukti mampu meredakan sakit perut dan hidung yang meler. Minyak adas pun merupakan bahan yang memiliki kandungan senyawa antimikroba yang dipercaya dapat mencegah infeksi dan mampu menghambat pertumbuhan jamur tertentu yang dapat menyebabkan penyakit pada kulit si kecil.

 

  1. Melembapkan Kulit Si Kecil

Minyak telon memiliki manfaat yang baik untuk melembapkan kulit si kecil. Hal ini karena kandungan minyak kelapa yang terdapat di dalamnya, yang mana kandungan minyak kelapa ini mampu menghidrasi kulit dengan baik dan mampu mengatasi gejala eksim yang biasanya ditandai dengan gatal dan juga ruam pada kulit. Menurut ahli kesehatan, minyak kelapa ini memiliki sifat antimikroba yang mampu melindungi kulit dari mikro organisme yang dapat menyebabkan kulit infeksi.

 

Itulah berbagai manfaat minyak telon untuk si kecil yang perlu moms ketahui. Sebelum menggunakannya, baca juga terlebih dahulu label kemasannya untuk mengetahui tata cara penggunaan.

Kembali