Menjaga Bayi Lahir Agar Tetap Hangat | Telon Lang

Menjaga Bayi Lahir Agar Tetap Hangat

March 12, 2019

Tubuh bayi yang baru lahir masih sangat lembut dan tipis, sehingga membutuhkan kehangatan ekstra agar tubuh si kecil tetap merasa hangat dan nyaman seperti saat masih didalam perut moms. Suhu normal tubuh bayi yang baru lahir umumnya berkisar antara 36,5 sampai dengan 37,5 derajat Celcius, dan umumnya tubuh bayi baru lahir mudah mengalami perubahan suhu.

Untuk mempertahankan tubuh si kecil agar tetap hangat dan nyaman, moms perlu mengetahui beberapa cara menghangatkan bayi yang dapat dilakukan oleh moms maupun orang sekitar yang berada dirumah, seperti berikut:

  • Hindari bayi dari ruangan ber-AC. Suhu tubuh bayi yang seringkali berubah sangat membutuhkan tempat yang nyaman dan tetap hangat.
  • Gunakan bedong bayi, sarung tangan dan kaki, serta topi agar menjaga suhu tubuh si kecil tetap hangat.
  • Melakukan kontak langsung bersama si kecil. Hal ini biasanya dilakukan pada saat bayi baru saja lahir yang akan ditempelkan langsung ke kulit moms agar si kecil dapat merasakan kehangatan langsung tubuh moms. Moms dapat mempraktekkan hal ini setiap kali bayi mulai rewel akibat kedinginan.
  • Aktivitas menyusui si kecil juga dapat membuat bayi merasakan kehangatan dari dekapan tubuh moms yang akan membuatnya merasa nyaman.
  • Lakukan perawatan dengan metode kangguru, yakni menempelkan tubuh bayi pada bagian dada moms. Hal ini difungsikan untuk mengalirkan kehangatan dari tubuh moms ke tubuh si kecil melalui kontak skin to skin.
  • Mengaplikasikan minyak telon pada pagi dan sore hari sebelum si kecil tidur. Selain dapat menjaga tubuh si kecil tetap hangat, dengan mengoleskan minyak telon juga bermanfaat untuk menjaga tubuh si kecil dari gigitan nyamuk nakal.

Dengan menjaga bayi moms agar tetap hangat dengan metode diatas, si kecil akan cenderung tidak mudah rewel dan kenaikan berat badannya akan lebih cepat.

 

Metode Kangguru

 

Meski pada umumnya, metode kangguru dilakukan untuk bayi yang baru lahir dengan berat badan rendah yang membutuhkan perawatan incubator, metode ini dapat dilakukan sehari-hari untuk setiap bayi yang lahir. Suhu bayi baru lahir memang belum stabil dan cenderung sensitif pada perubahan suhu, maka dari itu moms dapat mempraktekkan metode kangguru sebagai solusi aman untuk menghangatkan bayi.

Selain itu dengan mengaplikasikan metode kangguru, moms akan merasakan kedekatan yang lebih bersama si kecil. Bahkan moms tetap dapat melakukan aktivitas lainnya sambil menggendong buah hatinya.

Jika moms merasa kelelahan dengan metode kangguru atau ingin melakukan aktivitas yang tidak bisa mengikutsertakan si kecil dalam dekapan, metode ini dapat juga dilakukan oleh ayah si kecil. Cukup dengan berbaring atau melakukannya dalam posisi istirahat dan lakukan dengan hati-hati.

Kembali