Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dengan Minyak Telon | Telon Lang

Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dengan Minyak Telon

January 13, 2019

Perut kembung tidak hanya menyerang orang dewasa saja, kondisi ini juga bisa menimpa anak – anak dan bayi. Moms harus mengetahui kalau bayi sangat rentan sekali terhadap kondisi tersebut. Hal ini dikarenakan organ pencernaannya masih belum berfungsi sempurna. Maka dari itu, moms wajib cepat tanggap dan mengetahui ketika bayi mengalami perut kembung agar segera mengatasi kondisi tersebut.

 

Bayi umur 4 bulan ke bawah rentan terserang perut kembung. Biasanya si kecil akan menangis terus karena merasa tidak nyaman. Selain itu, akan menarik-narik kakinya ke arah perut, sering buang angin dan perutnya keras setelah makan. Nah perut kembung pada bayi dikarenakan adanya gas yang terperangkap pada bagian perut dan tidak dikeluarkan melalui sendawa. Gas yang terperangkap ini biasanya terjadi ketika si kecil menyusu atau makan. Selain makan dan menyusu, moms juga perlu mengetahui bahwa menangis juga bisa menjadi sumber masuknya udara dan menjadi gas dalam perut si kecil juga lho.

 

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang juga menjadi penyebab perut kembung pada bayi, diantaranya seperti:

  • Si kecil terus menerus menghisap botol susu yang telah habis
  • Popok yang digunakan si kecil sudah basah atau jarang diganti
  • Si kecil tidur dalam kondisi kipas angin terus menyala
  • Pemilihan susu formula yang tidak cocok
  • Terlalu lama berada pada ruangan dengan suhu udara dingin seperti AC
  • Proses pemberian ASI yang kurang tepat atau si kecil mengeluarkan suara cap-cap pada saat diberi ASI

 

Ketika si kecil mengalami perut kembung, gunakan minyak telon untuk membantu meringankan perut kembungnya. Ambillah minyak Telon Lang lalu usapkan pada bagian perut si kecil secara perlahan ke arah usus besar dengan gerakan yang melingkar. Tekanan tangan moms pada perut si kecil akan membantu meringankan rasa sakit dan membuat usus si kecil bergerak sehingga gas dapat keluar.

 

Selain mengusapkan minyak telon, lakukan juga beberapa langkah berikut ini agar perut kembung pada si kecil dapat teratasi dengan cepat dan mudah.

1. Hentikan Dulu Konsumsi Susu Formula Pada Si Kecil

Ternyata, susu formula yang biasa moms berikan pada si kecil merupakan salah satu penyebab munculnya perut kembung pada bayi. Bila moms sudah terbiasa memberi susu formula, jika memungkinkan hentikan terlebih dahulu untuk sementara waktu dan beralihlah pada ASI sesuai dengan yang disarankan oleh para ahli kesehatan di dunia.

Setelah moms memberi si kecil ASI, usahakan untuk membantu si kecil sendawa. Sendawa ini merupakan suatu bagian penting untuk mendorong udara keluar dari tubuh bayi. Gendong si kecil dengan posisi yang tegak atau posisi di atas bahu untuk membantu si kecil bersendawa. Jika si kecil masih belum bersendawa tepat setelah moms menyusuinya, baringkanlah si kecil beberapa menit lalu coba lagi posisi di atas.

 

2. Atasi Perut Kembung dengan Air Hangat

Air hangat merupakan salah satu solusi yang juga bisa digunakan. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama menggunakan air hangat untuk mandi dan kedua dengan meminumkannya. Metode ini dipercaya sebagai salah satu cara ampuh dalam mengatasi perut kembung pada bayi. Si kecil akan menerima rasa hangat pada tubuhnya sehingga gas yang terjebak di dalam perut akan terbantu keluar.

 

3. Menepuk Punggung Bayi Dengan Lembut

Mengatasi perut kembung yang sedang diderita si kecil bisa juga dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan menepuk punggungnya dengan lembut. Moms bisa melakukan cara ini selama 1 menit sampai gas yang ada pada perut si kecil atau bayi keluar melalui sendawa sambil digendong.

 

4. Mengajak Si Kecil Bermain

Mengajak si kecil bermain dapat menjadi salah satu solusi cara mengatasi perut kembung si kecil lho. Dengan mengajak si kecil terus bermain dan selalu aktif, hal tersebut ternyata terbukti mampu mengeluarkan gas yang terjebak pada perut dengan sendirinya. Selain itu, mengajaknya bermain pun mampu melatih kecerdasan dan gerak motorik anak.

 

Itulah pemaparan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat moms coba di rumah. Namun, jika gejalanya tidak berhenti dalam beberapa hari dan disertai panas, sebaiknya kunjungi dokter terdekat.

Kembali