Tips Mengusir Nyamuk Paling Aman untuk Bayi | Telon Lang

Tips Mengusir Nyamuk Paling Aman untuk Bayi

February 24, 2019

Untuk mengusir nyamuk nakal di sekitar bayi bukanlah hal yang mudah dan patut moms perhatikan baik-baik, sebab bayi masih sangat sensitif dan tidak bisa sembarang memberikan obat anti nyamuk bayi. Meski banyak hal yang bisa moms lakukan untuk mengusir nyamuk dengan menyemprotkan obat pengusir nyamuk atau mengoleskan lotion anti nyamuk, moms tidak dapat melakukannya sembarangan pada bayi.

Kandungan lotion anti nyamuk dapat membuat kulit sensitif bayi mengalami iritasi. Akibatnya, kulit bayi dapat menjadi kering dan terasa perih. Begitu pula dengan obat nyamuk bakar, selain asapnya akan mengganggu pernafasan bayi, juga beresiko menimbulkan kebakaran. Maka moms harus memerhatikan baik-baik cara menangani nyamuk pada bayi, dengan salah satunya menggunakan minyak telon.

Cara aman mengusir nyamuk untuk bayi

Kandungan minyak kayu putih pada minyak telon bayi dapat bekerja ampuh untuk menghindari gigitan nyamuk bahkan meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Selain itu, dengan mengoleskan minyak telon ditubuh bayi dapat membuat tubuh si kecil tetap hangat dan nyaman.

Selain dengan menggunakan minyak telon, moms juga perlu mengetahui bahan alami anti nyamuk bayi seperti pada pemaparan berikut ini.

 

  • Serai

Tanaman serai yang biasa moms kenal sebagai bahan bumbu dapur, ternyata memiliki keampuhan sebagai penangkal nyamuk di rumah. Serai memiliki kandungan atsiri dan sitronela yang tidak disukai nyamuk.

Selain itu, tanaman serai juga cukup mudah ditemukan di sekitar kita dibandingkan dengan anti nyamuk lainnya seperti bunga Lavender. Ada pula beberapa tips aman mengusir nyamuk menggunakan tanaman serai.

 

  1. Pel lantai menggunakan air rebusan serai

Cara ini tergolong praktis untuk dilakukan sehari-hari. Moms cukup merebus beberapa batang serai dalam air hingga mendidih, lalu gunakan air bekas rebusan serai sebagai cairan untuk mengepel lantai. Hal ini lebih baik dilakukan pada sore hari, agar aroma segar serai tahan sampai malam hari, sehingga moms dan bayi dapat terhindar dari gigitan nyamuk.

 

  1. Potongan serai di sudut rumah

Selain dengan cara merebus batang serai, moms juga dapat melakukannya dengan cara memotong beberapa bagian batang serai, lalu diletakkan di beberapa sudut rumah yang seringkali menjadi tempat berdiamnya nyamuk nakal. Moms dapat meletakkan potongan serai di kolong Kasur, sudut kamar atau bagian rumah yang gelap.

 

  1. Serai sebagai pengharum ruangan

Cara aman dan mudah lainnya adalah dengan memanfaatkan batang serai sebagai pengharum ruangan. Moms dapat menumbuk atau menggeprek beberapa batang serai, terutama dibagian bawah dekat tumbuh akar, lalu digantung di depan kipas angin atau pendingin ruangan layaknya pengaharum ruangan pada umumnya. Selain wanginya yang khas, aroma serai juga dapat mengusir nyamuk berkeliaran di rumah.

Moms cukup mengganti dua atau tiga hari sekali ketika batang serai sudah benar-benar kering.

 

Bagaimana moms? Cara tersebut cukup aman dan praktis dilakukan dirumah untuk mengusir nyamuk dan si kecil tetap merasa aman dan nyaman selama dirumah.

Kembali