Waspada nyamuk Aedes Aegypti Selama Musim Hujan | Telon Lang

Waspada nyamuk Aedes Aegypti Selama Musim Hujan

January 1, 2019

Di musim hujan ini umumnya banyak muncul genangan air yang ada di sekitar Moms misalnya di jalan depan rumah, atau di taman dalam rumah. Faktanya nyamuk hanya membutuhkan satu sendok makan air untuk bertelur. Itulah sebabnya sebisa mungkin Moms harus mengecek barang apa saja di rumah yang memiliki air dalam keadaan terbuka, misal bak mandi, vas bunga, botol minum yang terbuka dsb. Moms juga bisa mengeringkan genangan air di sekitar rumah Moms agar tidak menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah.

Perlu Moms ketahui nih, nyamuk Aedes aegypti hidup di habitat perkotaan dan berkembang biak sebagian besar dalam wadah buatan manusia. Berbeda dengan nyamuk lainnya, periode puncak nyamuk Aedes aegypti adalah awal pagi dan sore hari sebelum senja. Demam berdarah ini bisa meluas di seluruh daerah tropis, dengan variasi risiko lokal yang dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, dan urbanisasi cepat yang tidak terencana.

Demam berdarah sendiri adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti. Nyamuk ini juga menularkan chikungunya, demam kuning dan infeksi Zika. Nyamuk Aedes aegypti adalah vektor utama demam berdarah. Virus ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk betina yang terinfeksi. Setelah inkubasi virus selama 4-10 hari, nyamuk yang terinfeksi mampu menularkan virus selama sisa hidupnya. Manusia bergejala atau asimptomatik yang terinfeksi adalah pembawa dan pengganda utama virus, yang berfungsi sebagai sumber virus bagi nyamuk yang tidak terinfeksi. Pasien yang sudah terinfeksi virus dengue dapat menularkan infeksi (selama 4-5 hari; maksimal 12) melalui nyamuk Aedesmosquitoes setelah gejala pertama mereka muncul.

Sebagai seorang Ibu, Moms wajib tahu ni apa saja gejala demam berdarah. Demam berdarah harus dicurigai ketika si kecil mengalami demam tinggi (40 ° C / 104 ° F) disertai dengan 2 gejala berikut: sakit kepala parah, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan persendian, mual, muntah, kelenjar bengkak atau ruam. Gejala ini biasanya berlangsung selama 2-7 hari.

Demam berdarah bisa menjadi parah jika terjadi komplikasi yang berpotensi membuat penderitanya terdampak kebocoran plasma, akumulasi cairan, gangguan pernapasan, perdarahan hebat, atau kerusakan organ. Tanda-tanda peringatan terjadi 3–7 hari setelah gejala pertama bersamaan dengan penurunan suhu (di bawah 38 ° C / 100 ° F) dan termasuk gejala seperti: sakit perut parah, muntah terus-menerus, pernapasan cepat, gusi berdarah, kelelahan, dan gelisah. 24-48 jam berikutnya dari tahap kritis bisa membahayakan; perawatan medis yang tepat diperlukan untuk menghindari komplikasi dan risiko kematian.

Untuk demam berdarah yang parah, perawatan medis oleh dokter dan perawat berpengalaman dengan efek dan perkembangan penyakit dapat menyelamatkan nyawa seseorang, menurunkan angka kematian dari lebih dari 20% menjadi kurang dari 1%. Pemeliharaan volume cairan tubuh pasien juga sangat penting untuk perawatan demam berdarah yang parah.

Setelah membaca informasi di atas, Moms bisa nih melakukan pencegahan dengan menghilangkan semua genangan air yang ada di sekitar rumah, juga yang tak kalah penting adalah selalu memakaikan si kecil Telon Lang Plus yang melindungi dari gigitan nyamuk. Telon Lang Plus dengan kandungan Natural Rhodinol memberi perlindungan untuk si kecil selama dia beraktivitas. Moms pun tak perlu khawatir karena nyamuk akan jauh-jauh dari si kecil.

 

https://www.nhs.uk/conditions/dengue/

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/dengue-and-severe-dengue

Kembali